Legenda Mermaid Mummy di Jepang

by : Maharani Legita
Posted : June 7, 2017
Kisah Little Mermaid karya Hans Christian Andersen yang memperlihatkan putri duyung berwajah cantik, ternyata kenyataannya nggak seperti itu. Karena di Jepang terdapat sebuah mumi bukti keberadaan mermaid. Dan, penampilan mermaid mummy tersebut sama sekali nggak cantik.
 
Di sebuah kuil Shinto bernama Tenshou-Kyousha Shrine yang di Fujinomiya, dekat Gunung Fuji, Jepang, tersimpan mermaid mumi berusia 1.400 tahun.  Mumi ini merupakan salah satu mumi duyung tertua dan terbesar yang masih tersimpan di Jepang.
 
Dari bentuknya, mumi duyung sepanjang 170 cm terlihat menyeramkan. Berkepala besar, bundar dan hanya ada sedikit rambut yang tumbuh di depan kepala sampai ke hidungnya. Mata dan mulutnya tampak terbuka memperlihatkan gigi-gigi yang tajam. Ia memiliki sepasang tangan dengan kuku yang tajam sepanjang 20 cm. Setengah tubuh bagian atas menyerupai manusia sedangkan bagian bawah menyerupai ekor ikan. Tapi, struktur tulangnya sampai sekarang tidak diketahui pasti karena belum pernah diteliti.
 
Di Jepang, legenda tentang mumi duyung ini menjadi dasar kepercayaan orang-orang yang pantang membunuh hewan atau hidup ala vegetarian. Legenda monster duyung ini muncul pada masa Putra Mahkota Jepang Shotoku (Shotoku Taishi) di tahun 574-622 Masehi. Jadi, ceritanya saat Pangeran Shotoku berjalan melintas di tepi danau Biwa, tiba-tiba muncul sosok monster dari dalam danau yang berbentuk separuh ikan dan manusia. Monster duyung ini mengaku kalau dulunya dia adalah seorang nelayan. Karena melanggar aturan untuk tidak mengambil ikan di daerah yang suci dan terlarang, dia pun dikutuk menjadi monster duyung.
 
Monster duyung itu lalu memohon ke Pangeran Shotoku agar tubuhnya diawetkan setelah dia meninggal dan ditaruh di sebuah kuil. Supaya menjadi pelajaran bagi manusia agar tidak semena-mena membunuh hewan dan selalu menjaga alam. Pangeran pun memenuhi permintaan terakhir si monster duyung dan hingga kini mumi monster duyung itu masih tersimpan rapi di Tenshou-Kyousha Shrine, Jepang.
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: www.atlasobscura.com, http://strangesounds.org
 
Baca juga:

Topic

#trivia , #misteri

polling

Legenda Mermaid Mummy di Jepang

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!